Text
Dasar-dasar manajemen logistik
Secara praktis logistic adalah merupakan kumpulan kegiatan fungsional yang berulang-ulang melalui saluran aliran material yang dikonversi menjadi produk dan dikirim hingga ke para pelanggan. Secara terminology, logistic bisnis adalah terdiri dari suatu proses besar, yaitu (1) semua kegiatan logistic sebelum dilaksanakannya kegiatan produksi biasa disebut inbound logistic dan proses pengelolaannnya disebut manajemen material, dan (2) setelah kegiatan produksi disebut outbound logistics, sedangkan proses pengelolaannya disebut manajemen distribusi fisik. Semua kegiatan pada inbound dan outbound logistics pada prinsipnya memiliki kesamaan, kecuali pada kegiatan inbound terdapat kegiatan akuisisi yaitu kegiatan tentang proses pembelian (acquisition) bahan baku, sedangkan pada outbound dinyatakan sebagai kegiatan jadwal produksi (product scheduling), perbedaan yang prinsip hanyalah pada objek yang ditangani, dimana pada inbound yang ditangani adalah bahan baku dan bahan lainnya, sedangkan pada outbound adalah barang jadi. Untuk kinerja sebuah korporat, baik manufaktur maupun jasa kebanyakan diukur dari beberapa dimensi, yang bisa disebut 7T, yaitu tepat produk, tepat jumlah, tepat kondisi, tepat lokasi, tepat waktu, tepat pelanggaran dan tepat ongkos. Upaya untuk mencapai 7T tersebut senantiasa menjadi persoalan yang tidak sederhana untuk dapat diselesaikan. Kegiatan kunci dari logistic bisnis adalah terdiri dari (1) penetapan standar pelayanan (costomer service), (2) manajemen transportasi, (3) manajemen persediaan, dan (4) pemrosesan pesanan.
658.507 2 SUT d 1 | 658.507 2 SUT d 1 | Perpustakaan Pusat (600) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain