Text
Skripsi : PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM REM TROMOL KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI - CD Skripsi
ABSTRAK
Feri Sulistianto, NPM. C3218110065 judul “Pengaruh Metode Pembelajaran
Jarak Jauh (Pjj) Dan Kemampuan Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil
Belajar Pada Kopetensi System Rem Tromol Kelas XI TKR SMK Negeri 1
Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022“,Program Studi Pendidikan
Vokasional Teknik Mesin (Otomotif), Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas
Ivet Semarang, 2021, 124 halaman.
Latar belakang masalah karena Sejak Bulan Maret 2020 seluruh satuan
pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak corona virus disease atau Covid-19
dinyatakan masuk ke Indonesia. Dan beberapa siswa bahkan terlihat tidak
memiliki minat dan malas mengikuti proses PJJ. Dengan Kemampuan Literasi
digital yang rendahh tentu saja mengakibatkan pengetahuan siswa menjadi kurang
terhadap materi yang dipelajari. Kurangnya pengetahuan terhadap materi yang
dipelajari tentu berpengaruh terhadap pembelajaran praktik yang akan dilakukan
di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji pembelajaran jarak jauh, (2)
mengkaji Kemampuan Literasi Digital siswa ,(3) mengkaji Hasil Belajar sistem
rem.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan dokumentasi dan angket.Penentuan sampel menggunakan
teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin didapat jumlah
sampel sebanyak 100 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas
dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji
linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas.
Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji
regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan
bantuan program pengolah data spss versi 26.0.Hasil analisis menunjukkan model
pembelajaran jarak jauh dalam kategori sangat baik, Kemampuan Literasi
Digitaldalam kategori sangat baik, dan Hasil Belajar dalam kategori kompeten.
Uji t variabel model pembelajaran jarak jauh terhadap kompetensi sistem rem
hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (α = 5%)
sehingga Ha1 diterima, sedangkan uji T Kemampuan Literasi Digital terhadap
Hasil Belajar memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (α = 5%)
sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran jarak
jauh dan Kemampuan Literasi terhadap Hasil Belajar. pada uji F dengan
perolehan nilai sig. F sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (α = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh model pembelajaran jarak jauh dan Kemampuan
Literasi terhadap hasil belajar yang ditunjukkan pada uji R2 (determinan) sebesar
64,1% dan sisanya 35,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Jarak Jauh, Kemampuan Literasi, Hasil
Belajar
036/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain