Text
Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKSM MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA SISTEM INJEKSI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI TBSM DI SMK MA’ARIF NU PECALUNGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Slamet Nurul Arifin. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran
PKSM menggunakan media peraga sistem injeksi dan model
pembelajaran problem based learning SMK Ma’arif NU Pecalungan.
Skripsi Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains Dan
Teknologi Universitas IVET Semarang.
Hasil belajar adalah penilaian hasil kegiatan belajar siswa yang diberikan
oleh guru berupa angka, simbol, dan kalimat yang didapatkan berdasarkan
perubahan pada ranah kognitif, psikomotorik, afektif, dan konatif sebagai
pengaruh pengalaman belajar yang dialami oleh siswa, baik itu berupa suatu
unit, bagian, atau bab materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM SMK
Ma’arif NU Pecalungan sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan metode observasi dan metode tes, Adapun pada penelitian ini yang
menjadi variabel bebas adalah pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Problem based learning (PBL) menggunakan media peraga,
sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada
kompetensi memelihara sistem injeksi dengan menggunakan model
pembelajaran Problem based learning (PBL) dan media peraga Hasil
penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, antara peserta
didik yang menggunanakan model pembelajaran problem based learning (PBL)
berbantu media peraga dengan peserta didik yang tidak menggunanakan, pada
materi sistem injeksi .
Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Peraga
037/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain