Text
Skripsi : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM AUTOMATIC TRANSMISSION MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DENGAN MEDIA PERAGA ELECTRONIC AUTO TRANSMISSION GEAR SIMULATOR KELAS XI SMK AN NUR BANJAREJO TAHUN AKADEMIK 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Ahmad Fuad Hasim. NPM C3218110026. Meningkatkan Hasil Belajar Sistem
Automatic Transmission Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team
Accelerated Instruction Dengan Media Peraga Electronic Auto Transmission
Gear Simulator Kelas XI SMK An Nur Banjarejo Tahun Akademik 2021/2022.
Skripsi Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Sains dan
Teknologi IVET Semarang, 2022.
Tujuan penelitian (1) untuk menganalisis penerapan model pembelajaran
kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI) dengan media peraga Electronic
Auto Transmission Gear Simulator dalam meningkatkan hasil belajar sistem
automatic transmission pada peserta didik kelas XI TKRO SMK AN NUR
Banjarejo Tahun Akademik 2021/2022, (2) untuk meningkatkan hasil belajar
sistem automatic transmission pada peserta didik kelas XI TKRO SMK AN
NUR Banjarejo Tahun Akademik 2021/2022 melalui model pembelajaran
kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI) dengan media peraga Electronic
Auto Transmission Gear Simulator.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
pada mei 2022 sampai dengan juni 2022 dengan subjek sebanyak 32 peserta didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik abservasi,
dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang
meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta
menggunakan analisis kuantitatif meliputi; nilai rerarta dan daya serap peserta
didik.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)
tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TAI
dengan media peraga Electronic Auto Transmission Gear Simulator adalah
dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan
tes hasil belajar pada tiap pertemuan kedua. Pelaksanan pembelajaran
dilaksanakan bersamaan dengan penelitian aktivitas peserta didik secara observasi
oleh peneliti, (2) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dengan
Media Electronic Auto Transmission Gear Simulator dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas XI TKRO A SMK AN NUR Banjarejo. Hal tersebut
dibuktikan dengan rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik pada pre-test awal
sebesar 65.94 dengan daya serap 41% meningkat setelah adanya tindakan siklus I
menjadi sebesar 75.94 dengan daya serap 75. Pada siklus II meningkat lagi
menjadi sebesar 81.88 dengan daya serap sebesar 88%.
Kata kunci: Model Team Accelerated Instruction (TAI), Media Electronic Auto
Transmision, Hasil belajar
041/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain