Text
Skripsi : PENGARUH RE-MAPPING ECU STANDAR TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 TAK INJEKSI 150 CC - CD Skripsi
ABSTRAK
Irvan Setiawan, NPM C3218110042. Pengaruh Re-mappingECU Standar
Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Tak Injeksi 150 cc. Jurusan Pendidikan
Vokasional Teknik Mesin. Sains dan Teknologi.Universitas IVET Semarang. 2022
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil performa, konsumsi bahan
bakar spesifik dan emisi gas buang.Dengan memberikan perlakuan re-mapping
ulang ECU standard pada sepedamotor Honda Cb150R injeksi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimental.jenis deskriptif
untuk mengungkap atau melihat hasil perbandingan variable sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan re-mapping ECU standard pada sepeda motor Honda Cb150R
injeksi. Penelitian ini dilaksanakan di LAB UNIVERSITAS IVET SEMARANG,
Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sepeda motor Honda CB150R
injeksi injeksi dengan mapping ECU standard pabrik dan pemberian 6 variasi remapping ECU standard. Teknik analisis data dengan jenis deskriptif yang
membandingkan pengaruh penggunaan mapping ECU standard pabrik dan
penggunaan 6 variasi re-mapping ECU standard terhadap performa mesin,
konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda
CB150R injeksi.
Hasil peneliian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan torsi dan daya Pada
sepeda motor Honda CB150R injeksi antara penggunaan mapping ECU standard
dan penggunaan variasi re-mapping ECU standard, grafik menujukan peningkatan
pada torsi dan daya yang di hasilkan dengan penggunaan variasi re-mapping ECU
standard Stage 5 secara signifikan pada setiap RPM (1500 – 9500) dengan interval
1000 RPM. Pengujian dilakukan sebanyak 9 kali percobaan pada rentan putaran
mesin 1500-9500 RPM, torsi meningkat sebesar 29% pada putaran 1500 RPM,
sedangkan daya meningkat sebesar 40% pada putaran mesin 7500 RPM. Konsumsi
bahan bakar mengalami penurunan sebanyak 22,6 % pada putaran mesin 9500
RPM. Terdapat peningkatan dan penurunan pada pengujian emisi gas buang
menggunakan variasi re-mapping ECU standard stage 5 ika dibandingkan dengan
mapping ECU standard pabrik, grafik menunjukan terdapat peningkatan nilai CO
sebanyak 325%, unsur HC mengalami peningkatan sebanyak 58,3%, nilai CO2
mengalami penurunan sebanyak 25,7%, O2 mengalami peningkatan sebanyak 1%
unsur lambda mengalami penurunan sebanyak 25,8% dan AFR mengalami
penurunan sebanyak 25,8% pada putaran 1500 RPM.
Kata kunci :Re-mapping, ECU, Engine Control Unit, Performa, SFC, Emisi Gas
Buang
045/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain