Text
Skripsi : HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SISTEM PEMINDAH TENAGA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TEUKU UMAR SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Tedy Fahmi Putra (2022). ” Hubungan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dan Motivasi
Belajar Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sistem Pemindah Tenaga Siswa Kelas
XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Teuku Umar Semarang”. Skripsi Pendidikan
vokasional Teknik mesin Otomotif fakultas sains dan teknonologi Universitas IVET
Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex
post facto. Menurut Suharsimi Arikunto (2013:17), penelitian 'ex post facto' terdiri
dari tiga kata, ex diartikan dengan observasi atau pengamatan, post artinya sesudah,
dan facto adalah fakta atau kejadian. Arti keseluruhannyaaa, pengamatan yang
dilakukan setelah kejadian lewat.
Berdasarkan data dapat disimpulkan siswa kelas XI TKR SMK Teuku Umar
Semarang mempunyai kategori Baik dengan 65 responden (49.23%) dimana di dalam
pertanyaan responden angket terdapat pemahaman siswa tentang fasilitas siswa sudah
dinyatakan lengkap.Siswa kelas XI TKR SMK Teuku Umar Semarang mempunyai
kategori Baik dengan 65 responden (55.38%) dengan menyikapi dan memahami
pernyataan dimana di dalam pertanyaan responden angket terdapat pemahaman
Motivasi Belajar yang di mana harus mempunyai keinginan minat, Harapan dan citacita, dorongan dan desakan lingkungan, lalu kebutuhan fisiologis dan kebutuhan
penghormatan atas diri. Dengan melihat skor variabel Motivasi siswa peserta didik
kelas XI progam keahlian.Hasil penelitian Hasil Belajar PSPT siswa kelas XI TKR
SMK Teuku Umar Semarang mempunyai kategori Sangat Baik dengan 52 responden
(80%) dengan menyikapi dan memahami pernyataan dimana di dalam pertanyaan
angket responden hasil ujian semester lolos karena batas remidi yaitu 77. Dari hasil
uji T hipotesis menyatakan “ tidak ada pengaruh positif Motivasi Belajar (X2)
terhadap Hasil Belajar PSPT siswa kelas XI TKR SMK Teuku Umar Semarang” hal
ini dikarenakan Nilai t hitung sebesar 1.690 lebih rendah dari t tabel (1.999) dan nilai
signifikansi t 0.096 lebih rendah dari 0,05 (α = 5%) yang Ho diterima Ha (hipotesis)
ditolak. Hasil uji F nilai F hitung sebesar 14.414 dan nilai signifikansi F sebesar
0,159. Dengan menggunakan k; n-k , 63 (65- 2) diperoleh nilai F tabel 3,15. Dari
hasil tersebut nilai F hitung 1.893 lebih kecil dari F tabel 3,15 dan nilai signifikasi F
sebesar 0,159 lebih tinggi dari 0,05 (α = 5%) yang menunjukan Ho diterima dan Ha
ditolak, sehingga hipotesis yang menyatakan “tidak ada pengaruh Fasilitas Belajar
(X1) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PSPT siswa kelas XI TKR SMK
Teuku Umar Semarang.
Kata kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PSPT
048/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain