Text
Skripsi : PENGARUH PENAMBAHAN RESISTOR PADA SENSOR OKSIGEN SEPEDA MOTOR FUEL INJECTION TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhammad Abimanyu Fadhillah (C3217110097). Pengaruh Penambahan
Resistor Pada Sensor Oksigen Sepeda Motor Fuel Injection Terhadap Performa
dan Emisi Gas Buang. Universitas Ivet Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh Penambahan
Resistor Pada Sensor Oksigen terhadap performa sepeda motor matic honda
beat 110cc tahun 2015 yang meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar
spesifik (SFC). Untuk mengetahui pengaruh bahan bakar dan Penambahan
Resistor Pada Sensor Oksigen terhadap emisi gas buang pada sepeda motor
matic honda beat 110cc tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Honda
Beat Pop 110 cc Tahun 2015.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan 1) pengaruh Penambahan
Resistor Pada Sensor Oksigen mempengaruhi pada hasil torsi (Nm) dari mesin.
Hasil pengujian torsi bahan bakar pertamax menggunakan penambahan resistor
0.5 Ω menunjukkan hasil torsi tertinggi 15.0 N.m pada putaran mesin 2500
rpm. Hal ini menunjukkan penggunaan bahan bakar pertamax yang
menggunakan penambahan resistor 0.5 Ω dapat meningkatkan persentase torsi
25 %. 2) Dari hasil penelitian pengaruh Penambahan Resistor Pada Sensor
Oksigen berpengaruh pada Daya (Hp) dari suatu mesin. Daya terbesar didapat
dari penambahan resistor 1 Ω sebesar 1.19 Hp pada pada putaran mesin 5500
rpm dengan bahan bakar pertamax. Hal ini menunjukkan penggunaan bahan
bakar petamax yang penambahan resistor 1 Ω menurun dengan persentase daya
1.33% Hp. 3) Dari hasil penelitian, Penambahan Resistor Pada Sensor Oksigen
berpengaruh pada konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dari mesin. Dari hasil
penelitian Pada sepeda motor Honda beat 110 cc hasil konsumsi bahan bakar
spesifik (SFC) menggunakan bahan bakar pertamax 5 ml menggunakan
penambahan resistor pada pendingin menunjukkan hasil terbaik pada resistor
1.5 Ω yaitu 0.17718 kg/jam pada putaran mesin 2500 rpm. 4) Dari hasil
penelitian yang di lakukan Penambahan Resistor Pada Sensor Oksigen
berpengaruh pada gas sisa pembakaran CO (%) dari suatu mesin. Hasil
penelitian yang di lakukan penambahan resistor berpengaruh pada gas sisa
pembakaran CO (%) dari suatu mesin. Emisi gas buang tertinggi pada
penggunaan Bahan bakar petamax menunjukkan hasil CO yaitu 1.714%. Emisi
CO juga berkurang ketika beban mesin meningkat karena meningkatnya rasio
udara bahan bakar dan menghasilkan pembakaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Pengaruh Penambahan Resistor Pada Sensor Oksigen Terhadap
Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik.
051/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain