Text
Skripsi : PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR, SARANA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) KELAS X TKRO SMK NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Defri Eko Widodo (2022). Pengaruh Kedisiplinan, Sarana Belajar Dan Minat
Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar
Teknik Otomotif (PDTO) Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Sumber Kabupaten
Rembang. Skripsi. PVTM. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet
Semarang.
Sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20
tahun 2003 pasal 1. Berkaitan tujuan pendidikan nasional yakni mengembangkan
potensi peserta didik supaya menjadi pribadi manusia yang berakhlak mulia, dan
mandiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar
pengaruh Kedisiplinan Belajar, Sarana Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil
Belajar siswa pada mata pelajaraan PDTO.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatf dan
digolongkan penelitian ex post facto. Populasi adalah siswa kelas X jurusan
TKRO SMK Negeri 1 Sumber Kabupaten Rembang sebanyak 108 siswa.
Penentuan besarnya sampel menggunakan teknik Nomogram Harry King
(Sugiyono, 2009: 127-130). Teknik pengumpulan data menggunakan tengknik
angket atau kuesioner dan teknik dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh dari
correlation product moment.Teknik analisis data menggunakan uji t, uji F dan
analisis regresi yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan anallisis.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kedisiplinan Belajar berpengaruh terhadap
Hasil Belajar siswa pada mata pelajaraan PDTO kelas X SMK Negeri 1 Sumber
Kabupaten Rembang, terbukti uji hipotesis (Uji t) nilai Thitung lebih besar dari Ttabel
5,228 > 1,662 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,004< 0,05
(a=5%). (2) Sarana Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa pada mata
pelajaraan PDTO kelas X SMK Negeri 1 Sumber Kabupaten Rembang, terbukti
uji hipotesis (Uji t) nilai Thitung lebih besar dari Ttabel 3,832 > 1,662 dan nilai
signifikan T lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,003 < 0,05 (a=5%). (3) Minat Belajar
berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaraan PDTO kelas X
SMK Negeri 1 Sumber Kabupaten Rembang, terbukti uji hipotesis (Uji t) nilai
Thitung lebih besar dari Ttabel 5,735 > 1,662 dan nilai signifikan T lebih kecil dari
0,05 (α5%) 0,004 < 0,05 (a=5%). (4) Pengaruh Kedisiplinan Belajar, Sarana
Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaraan
PDTO kelas X SMK Negeri 1 Sumber Kabupaten Rembang, terbukti Fhitung lebih
besar dari Ftabel 5,903> 2,706 dan nilai signifikan F lebih kecil dari 0,05 (α5%)
0,000 < 0,05(a5%). yang mana menunjukan Ho tidak diterima dan Ha
diterima.Hasil uji hipotesis secara determinasi menunjukan bahwa nilai R square
Kedisiplinan Belajar, Sarana Belajar dan Minat Belajar karena output program
SPSS for windows versi 25.0 sebesar 0,830 atau 83,0% yang artinya variasi Hasil
Belajar siswa dapat dijelaskan/dipengaruhi oleh variabel Kedisiplinan Belajar,
Sarana Belajar dan variabel Minat Belajar sebesar 83,0% .
Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Sarana Belajar , Minat Belajar dan Hasil
Belajar
052/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain