Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PATOK LELE DI KB AMALUL UMMAH DESA PADURENAN KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS - CD Skripsi
ABSTRAK
Mukarromah. B2617210346. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia
4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Patok Lele di KB Amalul Ummah Desa
Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 66
halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui
motorik kasar anak usia 4-5 tahun di KB Amalul Ummah Desa Padurenan
Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus melalui permainan patok lele. 2) Untuk
mengetahui seberapa besar peningkatan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di KB
Amalul Ummah Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus melalui
permainan patok lele. 3) Untuk mengetahui perubahan perilaku yang tampak pada
anak usia 4-5 tahun di KB Amalul Ummah Desa Padurenan Kecamatan Gebog
Kabupaten Kudus melalui permainan patok lele. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang
mengacu pada proses pelaksanaan penelitian yang dikemukakan Kemmis dan Mc
Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak- anak usia 4-5 tahun di KB Amalul Ummah Desa Padurenan Kecamatan Gebog
Kabupaten Kudus yang berjumlah 11 anak.
Hasil penelitian ini ialah: 1) Hasil penelitian tindakan kelas pada tahap pra
siklus memperoleh skor sebesar 43%, siklus I pertemuan 1 sebesar 60.2%, tahap
siklus I pertemuan 2 sebesar 72.6%, tahap siklus II pertemuan 1 sebesat 84.7%, dan
pada tahap siklus II pertemuan 2 sebesar 97.7%. Persentase indikator kerberhasilan
peserta didik adalah sebesar 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa treatment
pendidik pada penelitian tindakan kelas mencapai kerbehasilan dalam
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan
tradisional patok lele. 2) Penilaian kinerja pendidik pada pada Siklus I pertemuan 1
memperoleh skor 75%, meningkat pada siklus I pertemuan 2 sebesar 81%,
meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 84%, dan pada siklus II pertemuan 2
meingkat menjadi 88%. Indikator keberhasilan pendidik adalah 80% sehingga
dapat disimpulkan pendidik berhasil melakukan PTK (penelitian Tindakan kelas)..
Kata kunci : Motorik Kasar, Permainan Tradisional, dan Patok Lele.
002/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain