Text
Skripsi : PENGEMBANGAN ASPEK MORAL MELALUI MEDIA KARTU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELAS B USIA 5-6 TAHUN DI KB IZZATUL ISLAM PRAPAG LOR-LOSARI-BREBES - CD Skripsi
ABSTRAK
TORIPAH, NPM. 2620230505. PENGEMBANGAN ASPEK MORAL
MELALUI MEDIA KARTU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELAS B
USIA 5-6 TAHUN DI KB IZZATUL ISLAM PRAPAG LOR-LOSARIBREBES. S1 PG PAUD.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet
Semarang.
Tujuan penelitian yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk
membuktikan bahwa media kartu cerita bergambar dapat meningkatkan aspek
moral pada anak kelas B Usia 5-6 Tahun di KB Izzatul Islam Prapag Lor-LosariBrebes.
Metode penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti dengan menggunakan 2
siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang dirancang peneliti. Populasi
dalam penelitian ini adalah anak KB Izzatul Islam Prapag Lor-Losari-Brebes yang
berjumlah 16 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data
diperoleh dengan observasi, wawancara dan unjuk kerja. Analisis data digunakan
dengan menyeleksi dan mengelompokkan data dalam bentuk narasi, table atau
grafik, serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan berdasarkan analisis yang
dilakukan yaitu refleksi (renungan atau mengingat kembali apa yang sudah
berhasil dikerjakan).
Hasil dari penelitian ini adalah: sebelum tindakan (Prasiklus) pada 16
anak KB Izzatul Islam Prapag Lor menunjukkan bahwa perkembangan aspek
moral anak dengan kategori baik sebanyak 25% atau 4 anak dengan kategori
berkembang sesuai dengan harapan (BSH). Sedangkan jumlah anak yang masuk
dalam kategori mulai berkembang (MB) sebanyak 25% atau 4 anak, dan kategori
belum berkembang (BB) sebanyak 50% atau 8 anak. pada siklus I menunjukkan
bahwa kemampuan aspek moral melalui media kartu cerita bergambar anak
kelompok B KB Izzatul Islam Prapag Lor termasuk cukup baik namun belum
memenuhi indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang
termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak atau 12,5%,
Berkembang Sesuai Harapan(BSH) sebanyak 8 anak atau 50%, mulai berkembang
sebanyak 2 anak atau 12,5%, dan yang belum berkembang sebanyak 4 anak atau
25%. pada siklus II menunjukkan bahwa pengembangan aspek moral melalui
media kartu cerita bergambar sudah sangat baik karena hasilnya sudah melebihi
indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang masuk dalam
kategori baik sebanyak 93,8% yang terdiri dari kategori Berkembang Sangat Baik
(BSB) sebanyak 10 anak atau 62,5% dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
sebanyak 5 anak atau 31,3%, sedangkan anak yang masuk kategori mulai
berkembang sebanyak 1 anak atau 6,2%, dan yang belum berkembang sebanyak 0
anak atau 0%. Secara klasikal, hasil penelitian pada siklus II ini sudah melebihi
indikator yang telah ditentukan yaitu 75%.
Kata kunci : Aspek moral’kartu cerita bergambar
051/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain