Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) TIMBANGAN GANTUNG DI KB KENANGA KALIGANGSA WETAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Sri Wahyuningsih. NPM. 2619120317. 2021. PENINGKATAN PEMAHAMAN
KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MELALUI ALAT PERMAINAN
EDUKATIF (APE) TIMBANGAN GANTUNG DI KB KENANGA
KALIGANGSA WETAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi. Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 65 halaman.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan membuktikan
penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) timbangan gantung dapat
meningkatkan pemahaman konsep banyak dan sedikit pada peserta didik usia 3-4
tahun di KB Kenanga Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes.
Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
dengan jumlah subyek sebanyak 28 anak. Model yang digunakan dalam penelitian
ini adalah model penelitian Kemmis dan Taggart yang merupakan pengembangan
dari model Kurt Lewin. Model ini dapat mencakup beberapa siklus dan pada
masing-masing siklus meliputi tahapan yaitu: 1) planning atau perencanaan, 2)
acting and observing atau pelaksanaan dan observasi, 3) reflecting atau refleksi,
dan 4) revise plan atau revisi perencanaan.
Hasil penelitian ini adalah: Pemahaman konsep banyak dan sedikit pada
peserta didik usia 3-4 tahun di KB Kenanga Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes
saat ini sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan
dengan kondisi sebelum mendapat treatment (perlakuan) dari peneliti.
Pemahaman konsep bilangan peserta didik pada saat sebelum penelitian baru
sebatas pada menyebutkan angka, namun belum mampu untuk menunjukkan
banyaknya benda. Peserta didik juga masih belum mampu untuk menunjukkan
lambang bilangan sesuai dengan banyaknya benda. Nilai pelaksanaan penelitian
tindakan kelas pada tahap pra siklus memperoleh persentase 69%, tahap siklus I
pertemuan 1 sebesar 71%, tahap siklus I pertemuan 2 sebesar 81%, tahap siklus II
pertemuan 1 sebesat 81%, dan pada tahap siklus II pertemuan 2 sebesar 89%.
Penggunaan APE timbangan gantung terbukti dapat meningkatkan pemahaman
konsep banyak dan sedikit pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB Kenanga
Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes.
Kata Kunci: Konsep Bilangan, Alat Permainan Edukatif, dan Timbangan
Gantung.
016/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain