Text
Skripsi : PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN WATER ESTAFET DI TK AZ-ZAHRA PANDANSARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Mei Anika. NPM 2619120313. 2021. PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL
PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN WATER ESTAFET DI TK AZZAHRA PANDANSARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi. Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 59 halaman.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan
permainan water estafet pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Az-Zahra
Pandansari, 2) Untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial melalui permainan
water estafet pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Az-zahra Pandansari.
Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
dengan jumlah subyek sebanyak 16 peserta didik. Model yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Taggart yang merupakan
pengembangan dari model Kurt Lewin. Model ini dapat mencakup beberapa siklus
dan pada masing-masing siklus meliputi tahapan yaitu: 1) planning atau
perencanaan, 2) acting and observing atau pelaksanaan dan observasi, 3) reflecting
atau refleksi, dan 4) revise plan atau revisi perencanaan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas
(PTK) pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Az-Zahra Pandansari dalam rangka
meningkatkan perilaku sosial maka didapatkan hasil bahwa penerapan permainan
water estafet terbukti dapat meningkatkanperilaku sosial peserta didik. 2) Terdapat
peningkatan perilaku sosial pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Az-Zahra
Pandansari, sebagai berikut: a) Hasil penelitian tindakan kelas pada tahap pra siklus
memperoleh persentase 25%, tahap siklus I pertemuan 1 sebesar 39%, tahap siklus
I pertemuan 2 sebesar 40%, tahap siklus II pertemuan 1 sebesat 77%, dan pada
tahap siklus II pertemuan 2 sebesar 87%. Persentase indikator kerberhasilan peserta
didik adalah 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa treatment pendidik pada
penelitian tindakan kelas mencapai kerbehasilan; b) Penilaian kinerja pendidik saat
pembelajaran ialah pada Siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 78%, meningkat
pada siklus I pertemuan 2 sebesar 79%, meningkat pada siklus II pertemuan 1
sebesar 84%, dan pada siklus II pertemuan 2 meingkat menjadi 88%. Indikator
keberhasilan pendidik adalah 80% sehingga dapat disimpulkan pendidik berhasil
membuktikan bahwa pelaksanaan permainan water estafet dapat meningkatkan
kemampuan perilaku sosial.
Kata Kunci: Perilaku Sosial, Permainan, dan Water Estafet
017/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain