Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK KASAR PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DINGKLIK OGLAK AGLIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTUANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Marchamah. NPM 2619120310. 2021. PENINGKATAN MOTORIK KASAR
PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DINGKLIK
OGLAK AGLIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTUANG
TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 56 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk
menggambarkan penggunaan permainan tradisional Dingklik Oglak Aglik untuk
meningkatkan motorik kasar peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Karangtuang”.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik
di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangtuang yang berjumlah 6 peserta didik.
Berikut adalah daftar nama subyek penelitian:
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini ialah: Hasil penelitian
tindakan kelas pada tahap pra siklus memperoleh persentase 42%, tahap siklus I
pertemuan 1 sebesar 67%, tahap siklus I pertemuan 2 sebesar 71%, tahap siklus II
pertemuan 1 sebesat 79%, dan pada tahap siklus II pertemuan 2 sebesar 89%.
Persentase indikator kerberhasilan peserta didik adalah sebesar 85%, sehingga
dapat disimpulkan bahwa treatment pendidik pada penelitian tindakan kelas
mencapai kerbehasilan. Penilaian kinerja pendidik pada Siklus I pertemuan 1
memperoleh skor 65%, meningkat pada siklus I pertemuan 2 sebesar 71%,
meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77%, dan pada siklus II pertemuan 2
meingkat menjadi 89%. Indikator keberhasilan pendidik adalah 80% sehingga
dapat disimpulkan pendidik berhasil melakukan PTK (penelitian Tindakan kelas).
Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Tradisional, dan Dingklik Oglak.
019/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain