Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI RA NURUL FALAH KECAMATAN BERGAS - CD Skripsi
ABSTRAK
NAFIS UMAMI, 2619120101. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui
Gerak Dan Lagu Pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di RA Nurul Falah
Kecamatan Bergas”. SKRIPSI. PG-PAUD. FKIP. Universitas IVET. 2021. 62
halaman.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui kemampuan berbicara anak didik
kelompok A usia 4-5 tahun di RA Nurul Falah kecamatan Bergas. 2) Untuk
mengetahui kemampuan berbicara anak didik kelompok A usia 4-5 tahun di RA
Nurul Falah kecamatan Bergas setelah melakukan penerapan kegiatan gerak dan
lagu. 3) Untuk mengetahui penerapan kegiatan anak didik melalui gerak dan lagu
pada kelompok A usia 4-5 tahun di RA Nurul Falah kecamatan Bergas.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari
2 pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas A usia 4-5 tahun RA. Nurul Falah kec.
Bergas yang berjumlah 14 anak. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi,
dan wawancara.
Simpulan dari hasil penelitian: 1) Penggunaan gerak dan lagu dapat
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas A usia 4-5 tahun di RA. Nurul
Falah Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 dari
62.49% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. 2) Penggunaan
metode gerak dan lagu pada siswa kelas A usia 4-5 tahun di RA. Nurul Falah
Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat
diketahui dari beberapa tahapan yaitu dari aspek kosa kata siklus I 57.14% dan
siklus II 71.42%, aspek menirukan kembali 3-4 urutan kata Siklus I 64.28% dan
siklus II 78.57%, aspek melakukan 2-3 perintah secara sederhana siklus I 71.42%
dan siklus II 85.71%, aspek bernyanyi sesuai gerak dan lagu siklus I 57.14% dan
siklus II 78.57%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaaan gerak dan lagu
pada siswa kelas A usia 4-5 tahun RA. Nurul Falah dapat meningkatkan
kemampuan berbicara.
021/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain