Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B PAUD NGUDI KAWERUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Muyati, B2617210323, “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui
Metode Bermain Peran pada Peserta Didik Kelompok B PAUD Ngudi Kaweruh
Wirogomo Tahun Pelajaran 2020/2021”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan
Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021,
63 halaman.
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kemampuan sosial emosional yang dimiliki oleh peserta didik; 2) untuk
mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode bermain peran oleh guru
dalam proses pembelajaran; dan 3) untuk mengetahui dan membuktikan
keefektifan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan
sosial emosional bagi peserta didik kelompok B PAUD Ngudi Kaweruh di Desa
Wirogomo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di PAUD Ngudi
Kaweruh Wirogomo sebanyak 18 anak, dengan teknik pengumpulan data
dokumentasi, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data
digunakan analisis deskriptif persentase .
Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) kemampuan sosial emosional
pada pra siklus diperoleh skor 72,12% dengan kriteria belum berkembang, namun
setelah dilakukan tindakan sampai siklus II diperoleh skor 90,27% dengan
kriteria berkembang sangat baik; 2) penerapan metode bermin peran dapat
meningkatkan kemampuan sosial emosional setelah dilakukan tindakan pada
siklus II diperoleh skor rata-rata 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik;
dan 3) penerapan metode bermain peran efektif dapat meningkatkan kemampuan
sosial emosional pada anak setelah dilakukan tindakan hingga pada siklus II yang
diperoleh skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang
sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan
skor anak secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan:
75% < 90,27% > 85% sehingga hipotesis tindakan: ”Melalui metode bermain
peran dapat meningatkan kemampuan sosial emosional bagi peserta didik
kelompok B PAUD Ngudi Kaweruh Desa Wirogomo Kecamatan Banyubiru
Kabupaten Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021”
dinyatakan terbukti atau diterima.
Kata kunci: sosial emosional, bermain peran.
023/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain