Text
Skripsi : UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN MATEMATIK MELALUI BERMAIN PERAN PROFESI PENJUAL SAYURAN KELOMPOK TK A DI TK CEEC KORONKA KECAMATAN BAWEN TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Dwi Sarwanti Koesoemo Dewi Tahun 2016 dengan judul “Upaya
Peningkatan Kecerdasan Matematik Melalui Bermain Peran Profesi
Penjual Sayuran Kelompok TK A Di TK CEEC KORONKA Kecamatan
Bawen Tahun Pelajaran 2020/2021 “ Skripsi. PG PAUD.Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet…halaman.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk
mendapatkan data dan informasi akurat yang dibutuhkan, peneliti
menentukan siswa sebagai informan utama. Dalam proses pengabsahan
data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dengan menggunakan data
dokumen sebagai data pembanding, triangulasi sumber menggunakan data
hasil wawancara orangtua dan guru dengan data observasi dan wawancara
pada anak serta menggunakan triangulasi teori.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan fokus yaitu
peningkatan kemampuan matematik dengan membilang melalui bermain
peran jual beli sayuran.Metode bermain peran digunakan karena dengan
bermain peran anak lebih mudah mengingat dan bisa mempraktikkan
secara langsung kegiatan membilang ,pengenalan warna,bentuk,ukuran
serta tekstur dengan media sayuran yang terbuat dari plastik warna-warni.
Subyek penelitian adalah 6 anak didik kelompok TK A CEEC KORONKA
Bawen,dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan tindakan
kelas,observasi,analisis dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal
warna,bentuk,ukuran,tekstur dan membilang melalui metode bermain
peran jual beli sayuran di kelompok TK A di TK CEEC KORONKA
Bawen sangat meningkat. Pada siklus 1 kriteria BB 0 peserta didik (0 %),
kreteria BM 1 peserta didik(17%),kriteria BSH 4 peserta didik
(66%),sedangkan criteria BSB 1 peserta didik (17 %),Pada siklus II criteria
BB 0 peserta didik (0%) BM 0 peserta didik (0%),criteria BSH 1 peserta
didik(17%),kriteria BSB 5 peserta didik (83%). Ini menujukkan bahwa
proses pembelajaran dengan metode bermain peran jual beli sayuran pada
anak kelompok TK A CEEC KORONKA Kecamatan Bawen dapat diikuti
dengan baik oleh anak didik sehingga kemampuan membilang,mengenal
warna,bentuk,ukuran tekstur dapat meningkat. Penelitian berlangsung di
TK CEEC KORONKA Bawen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
proses pengenalan bentuk, ukuran , warna dan tekstur melalui bermain
Peran dapat memberikan kontribusi penting bagi perkembangan kognitif
anak.Selain itu, melalui bermain Peran daya konsentrasi, minat, ketekunan
dan rasa ingin tahu anak terus berkembang melalui pengalaman langsung
yang dialami oleh anak, juga kemampuan motorik halus dan bahasa anak
turut berkembang selama proses bermain Peran.
Kata kunci: Pengenalan membilang, warna ,tekstur dan bermain jual beli.
024/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain