Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PAPAN PLANEL UNTUK PESERTA DIDIK RA KELOMPOK A DI RA ANNUR CANDIREJO KEC. TUNTANG - KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik dengan diterapkannya
media papan planel di Kelas A RA Annur Candirejo, Bagaimana langkah-langkah
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan media papan planel yang tepat ?
bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif peserta didik dengan
diterapkannya media papan planel di Kelas A RA Annur Candirejo Kecamatan
Tuntang Kabupaten Semarang Kelompok A tahun ajaran 2020/2021?
Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar
yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat
dipakai berkali-kali. Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan
individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian
atau peristiwa. Kognitif berhubungan dengan intelegensi. Bermain menurut
pendapat Elizabeth Hurlock (1987:320) adalah setiap kegiatan yang dilakukan
untuk kesenangan yang ditimbulkannya tanpa mempertimbangkan hasil akhir.
Pendekatan dan Jenis Penelitian adalah penelitian adalah Penelitian Tindakan
kelas ( Class Action Research)
Perolehan hasil rangkuman penilaian dan perkembangan anak mengalami
kenaikkan yang signifikan. Prosentase ketuntasan belajar dari 39% mencapai
78%, sehingga terlihat peningkatan. Setelah peneliti melakukan tindakan
perbaikan pembelajaran dalam pengembangan kemampuan kognitif melalui
bermain dengan papan planel untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap
konsep bilangan dan ukuran. Ternyata mampu meningkatkan hasil belajar anak
Kata kunci , Kognitif, bermain , papan planel
025/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain