Text
Skripsi : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ISLAM TARUNA TAMA KALIOSO - CD Skripsi
ABSTRAK
Sigit Suprayogi 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa
Pandemi Covid-19 di TK Islam Taruna Tama Kalioso, PG PAUD, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang, 67
Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar Dari Rumah merupakan hal baru bagi
dunia pendidikan, termasuk TK Islam Taruna Tama Kalioso. Pendidik di tuntut untuk
memberikan kegiatan anak selama di rumah yang disesuaikan dengan usia dan aspek
perkembangan. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh tentu saja memiliki banyak
kendala baik untuk pendidik, peserta didik maupun orang tua.
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, serta mengetahui kendala yang dihadapi
selama Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di TK Islam Taruna Tama Kalioso.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi
sumber data adalah Kepala Sekolah, Pendidik, dan orang tua siswa TK Islam Taruna
Tama Kalioso. Data diperoleh dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Untuk menguji validitas data penulis munggunakan metode triangulasi sumber data
dan triangulasi tehnik data.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi
covid-19 di TK Islam Taruna Tama Kalioso memiliki tujuan memberikan hak belajar
bagi peserta didik untuk belajar di rumah, memberikan kegiatan bermain yang
menyenangkan dan fleksible kepada peserta didik. Perencanaan pembelajaran daring
meliputi persiapan dengan pembuatan grup WA. Materi pembelajaran jarak jauh yang
berisi pengembangan karakter, pengembangan fisik motorik, nilai agama dan moral,
bahasa, sosial emosional, kognitif dan seni. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
yang meliputi kegiatan pengiriman video materi kegiatan serta rencana kegiatan main
anak dan pengiriman hasil kegiatan main anak. Dan yang terakhir tahap evaluasi
pembelajaran jarak jauh yang berisi penilain terhadap hasil kegiatan anak, yang
dikirim melalui video, foto dan voicenote digunakan sebagai dasar penilaian harian,
mingguan dan akhir semester. Kendala – kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh di TK Islam Taruna Tama Kalioso adalah faktor internal
guru, faktor eksternal orang tua / wali murid, alat penunjang HP Android dan kuota.
Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, PAUD, Covid-19
029/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain