Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA BOTOL BEKAS PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A KB TUNAS MULYA CUKILAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Santi Sustiyawati, B2617210311, “Peningkatan Pemahaman Konsep Membilang
Angka 1-10 melalui Media Botol Bekas pada Pesert Didik Kelompok A KB
Tunas Mulya Cukilan Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 62 halaman.
Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui dan mendeskripsikan
pemahaman konsep angka 1-10 pada peserta didik; 2) mengetahui dan
mendeskripsikan penerapan media botol bekas dalam proses pembelajaran
kepada peserta didik; 3) mengetahui dan membuktikan keefektifan penggunaan
media botol bekas oleh guru dalam meningkatkan kemampuan memahami
konsep angka 1-10 pada peserta didik KB Tunas Mulya Cukilan Kecamatan
Suruh Kabupaten Semarang.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Tunas
Mulya Cukilan yang berjumlah 15 anak, melalui pengambilan data: dokumentasi,
observasi, dan wawancara, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil penelitian: Kemampuan Membilang angka 1-10 pada anak KB
Tunas Mulya Cukilan dapat ditingkatkan melalui media botol bekas setelah
dilakukan survey awal pada pra siklus diperoleh skor 12 (80%) dari 15 anak dengan
kriteria belum berkembang, yang sebelumnya didasarkan pada data sekolah diketahui
ada 8 (53,33%) dari 15 anak yang kemampuan membilang mendapatkan bintang 3 (tiga).
Penerapan media botol bekas mengalami keberhasilan maksimal dalam
meningkatkan kemampuan Membilang angka 1-10 pada anak setelah dilakukan 2
(dua) kali pertemuan pada siklus II, yang diperoleh 12 (85%) dengan kriteria
berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal
secara individu dan klasikal mendapatkan skor rata-rata 75%, maka hipotesis
tindakan: “Melalui media botol bekas dapat meningkatkan kemampuan konsep
Membilang angka 1-10 sebagai lambang banyaknya benda pada peserta didik
kelompok A di KB Tunas Mulya Desa Cukilan Kecamatan Suruh Kabupaten
Semarang tahun pelajaran 2020/ 2021” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: Membilang angka, botol bekas.
030/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain