Text
Skripsi : PENINGKATAN PENGENALAN BANGUN GEOMETRI DENGAN PERMAINAN PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A KB MAWAR DESA REKSOSARI KEC. SURUH KAB. SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Umi Habibah, B2617210314, “Peningkatan Pengenalan Bangun Geometri dengan
Permainan Puzzle pada Peserta Didik Kelompok A KB Mawar Desa Reksosari Kec.
Suruh Kab. Semarang”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 64 halaman.
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan
pengenalan bangun geometri pada peserta didik; 2) untuk mengetahui dan
mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan permainan media puzzle
pada peserta didik; dan 3) utuk mengetahui dan membuktikan permainan media
puzzle dalam meningkatan pengenalan bangun geometri pada peserta didik
kelompok A KB Mawar Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Mawar Reksosari yang
berjumlah 15 anak, dengan teknik pengumpulan data metode dokumentasi, observasi,
dan wawancara. Adapun teknik analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) kemampuan pemahaman
pengenalan bangun geometri pada anak dapat ditingkatkan melalui media
permainan puzzle setelah dilakukan survey pra siklus diperoleh skor 11 atau 73,33%
dari 15 anak dengan kriteria belum berkembang; 2) penerapan permainan puzzle
mengalami keberhasilan maksimal dalam meningkatkan kemampuan bangun
geometri pada anak setelah dilakukan 2 (dua) kali pertemuan pada siklus II, yang
diperoleh skor rata-rata 14 atau 93,33% dengan kriteria berkembang sangat baik; dan
3) penerapan lidi hitung angka efektif dapat meningkatkan penganalan bangun
geometri pada anak KB Mawar Desa Reksosari diperoleh dari skor rata-rata tindakan
pada siklus II yang diperoleh 12 atau 85%, sedangkan indikator keberhasilan
ditetapkan minimal secara individu dan klasikal mendapatkan skor rata-rata 75%,
karena 75% < 85% maka hipotesis tindakan: “Melalui media permainan puzzle dapat
meningkatkan pengenalan bangun geometri pada peserta didik kelompok A KB
Mawar Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang semester genap tahun
pelajaran 2020/2021” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: bangun geometri, permainan puzzle.
033/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain