Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BEBAS DENGAN MEDIA ARANG PADA ANAK RA THOLABIYAH DESA GAJI KEC. GUNTUR KAB. DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Munadliroh, 2619230333, Peningkatan Kreativitas Menggambar Bebas
dengan Media Arang pada Anak RA Tholabiyah Desa Gaji Kec. Guntur Kab.
Demak Tahun Ajaran 2020/2021, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak
Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 62
halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah, masih adanya sebagian peserta didik
RA Tholabiyah Desa Gaji Kecamnatan Guntur yang kreativitas menggambarnya
kurang maksimal atau rendah. Oleh sebab itu peneliti sebagai salah satu guru di
RA tersebut berusaha untuk meningkatkan kreativitas menggambar bebas dengan
media arang, karena media ini mudah dikenali oleh peserta didik. Tindakan
tersebut peneliti bekerjasama dengan teman sejawat atau kolabolator.
Tujuan penelitian: 1) mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas
menggambar bebas yang dimiliki oleh anak; 2) mengetahui dan mendeskripsikan
penerapan media arang dalam proses pembelajaran oleh guru; 3) mengetahui dan
membuktikan keefektifan penerapan media arang dalam proses pembelajaran
oleh guru dalam meningkatkan kreativitas menggambar bebas pada anak RA
Tholabiyah Desa Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun ajaran
2020/2021.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di RA Tholabiyah Desa
Gaji yang berjumlah 19 anak, guru sebagai observer dan guru lain sebagai
kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Analisis data digunakan analisis deskriptif persentase .
Hasil: 1) Kreativitas menggambar bebas pada anak RA Tholabiyah Gaji
pada pra siklus diproleh skor maksimal 16 (84,21%) dengan kriteria kurang baik,
setelah dilakukan tindakan melalui kedua siklus diperoleh skor 17 (89,47%)
dengan kriteria sangat baik pada pasca siklus.; 2) Penerapan media arang dalam
proses pembelajaran oleh guru pada anak RA Tholabiyah Gaji memberikan
keefektifan dalam peningkatan kreativitas menggambar bebas, dibuktikan pada
siklus I diperoleh skor terbesar 14 (73,68%) dengan kriteria cukup baik, setelah
dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh skor maksimal 16,75 (88,16%) dengan
kriteria sangat baik; 3) Penerapan media arang dalam proses pembelajaran oleh
guru mampu meningkatkan kreativitas menggambar bebas pada anak, diperoleh
skor maksimal pada siklus II sebesar 16,75 (88,16%), maka hipotesis tindakan:
”Melalui media arang dapat meningkatkan kreativitas menggambar bebas pada
peserta didik RA Tholabiyah Desa Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak
tahun ajaran 2020/2021” diterima.
Kata Kunci: menggambar bebas, media arang.
036/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain