Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA POHON ANGKA PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI RA ROUDLOTUL MUSLIMIN DESA SUWAWAL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Suryani Muntaha. 2620130104. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP
BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA POHON
ANGKA PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI RA ROUDLOTUL
MUSLIMIN DESA SUWAWAL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN
JEPARA. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 55 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui dan membuktikan penggunaan media pohon angka dapat
meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak di RA Roudlotul Muslimin
Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. 2) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan pemahaman konsep bilangan pada anak di RA Roudlotul
Muslimin Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. 3) Untuk
mengetahui dan menggambarkan penggunaan media pohon angka untuk
meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak di RA Roudlotul Muslimin
Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas model Kemmis dan
McTaggrt yakni siklus spiral yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subyek adalah anak RA Roudlotul Muslimin Desa
Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara yang berjumlah 14 anak.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain: 1)
Penggunaan media pohon angka terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep
bilangan pada anak anak usia 4-5 tahun di RA Roudlotul Muslimin Desa Suwawal
Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. 2) Pemahaman konsep bilangan pada anak
anak usia 4-5 tahun di RA Roudlotul Muslimin Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo
Kabupaten Jepara mengalami peningkatan setelah penggunaan media pohon angka.
Hal ini dibukrikan rata-rata hasil pemahaman konsep bilangan peserta didik
mengalami peningkatan. Dari pra Siklus 46%, setelah diterapkan penggunaan
media pohon angka, pemahaman konsep bilangan pada anak anak usia 4-5 tahun di
RA Roudlotul Muslimin Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara
meningkat menjadi 43 dan 71% di Siklus I. Peningkatan signifikan terjadi pada
Siklus II, pemahaman konsep bilangan pada anak mencapai 79% dan 86%. 3)
Pencapaian kinerja pendidik pada siklus II pertemuan 2 sebesar 90%, sedangkan
indikator keberhasilan pendidik adalah 80%, sehingga dari hasil perolehan tersebut
dapat diambil kesimpulan bahwa pendidik telah mencapai atau memenuhi indikator
keberhasilan dan dinyatakan PTK berhasil.
Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Bilangan, Bermain, Media Pohon Angka.
039/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain