Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA CONGKLAK HURUF MODIFIKASI PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TPQ BAITUSSALAM DESA PULE KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Maimunah. 2620130075. PENINGKATAN PEMAHAMAN KEAKSARAAN
AWAL MELALUI MEDIA CONGKLAK HURUF MODIFIKASI PADA
PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TPQ BAITUSSALAM DESA
PULE KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 58 halaman.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan media
congklak huruf modifikasi terhadap peningkatan Pemahaman Keaksaraan Awal
pada anak PAUD TPQ Baitussalam Desa Pule Kecamatan Mayong Kabupaten
Jepara. 2) Untuk mengetahui peran guru dalam penerapan media congklak huruf
modifikasi terhadap peningkatan Pemahaman Keaksaraan Awal pada anak PAUD
TPQ Baitussalam Desa Pule Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian PTK didesain untuk memberikan solusi pada permasalahan di kelas dan
bertujuan untuk melakukan perbaikan atau tindakan dalam kelas tertentu, agar lebih
baik dari sebelumnya. Subyek dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik
kelompok anak usia 4-5 tahun di PAUD TPQ Baitussalam Desa Pule Kecamatan
Mayong Kabupaten Jepara sejumlah 13 peserta didik.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain: 1) Penerapan
media congklak huruf modifikasi secara signifikan meningkatkan pemahaman
keaksaraan awal pada anak PAUD TPQ Baitussalam Desa Pule Kecamatan
Mayong Kabupaten Jepara. Hasil perhitungan persentase pada prasiklus 54%
mengalami peningkatan di Siklus I yakni 63% dan 66%. Ketuntasan belajar berhasil
dicapai pada Siklus II dengan persentase pemahaman keaksaraan awal peserta didik
79% dan 86%. Hal ini menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan yang
ditetapkan yaitu 85%. Beberapa perubahan pemahaman anak dibuktikan dengan
aktifitas berikut : anak telah mampu menunjuk sesuai perintah dengan benar, anak
mampu mengambil huruf sesuai perintah dengan benar, anak mampu mengucapkan
bunyi huruf dengan tepat, dan anak telah mampu mengucapkan artikulasi yang
jelas. 2) Kinerja guru dalam menerapkan media congklak huruf modifikasi berhasil
meningkatkan pemahaman keaksaraan awal pada anak PAUD TPQ Baitussalam
Desa Pule Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Kinerja Guru pada siklus 1
sebesar 68% dan 73% sementara target keberhasilan adalah 80%; pada siklus 2 ini
kinerja Guru juga menunjukkan pencapaian yang signifikan yakni 78% dan 86%,
jika dibandingkan dengan indikator keberhasilan sebesar 80% maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa Guru berhasil meningkatkan Pemahaman Keaksaraan Awal
melalui media congklak huruf modifikasi.
Kata Kunci: Pemahaman, Keaksaraan Awal, Congklak Huruf
047/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain