Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KANTONG BILANGAN DARI BAHAN KAIN PERCA PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD AL MASYHUR DESA KUANYAR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Malikhatin. 2620130047. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP
BILANGAN MELALUI MEDIA KANTONG BILANGAN DARI BAHAN
KAIN PERCA PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD AL
MASYHUR DESA KUANYAR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN
JEPARA. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 55 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui dan membuktikan penggunaan media kantong bilangan dari bahan
kain perca dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 pada anak di
PAUD Al Masyhur Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. 2)
Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman konsep bilangan 1-10
anak usia 3-4 tahun di PAUD Al Masyhur Desa Kuanyar Kecamatan Mayong
Kabupaten Jepara.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action dengan model
Kemmis dan McTaggrt. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak di
PAUD Al Masyhur Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara yang
berjumlah 15 anak.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain: 1)
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui media kantong bilangan dari bahan
kain perca dapat pemahaman konsep bilangan pada peserta didik usia 3-4 tahun di
PAUD Al Masyhur Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara; hal ini
didukung dengan hasil penelitian bahwa pada pra siklus pemahaman konsep
bilangan pada peserta didik 27%, siklus 1 pemahaman konsep bilangan pada
peserta didik meningkat menjadi 35%% secara rata-rata, pada siklus 2 ini
pemahaman konsep bilangan pada peserta didik meningkat, hal ini dapat dilihat
dari hasil penilaian bahwa rata-rata pencapaian anak secara klasikal sebesar 85%,
angka tersebut tergolong besar jika dibandingkan dengan indikator keberhasilan
sebesar 85%. 2) Guru berhasil dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan
melalui media kantong bilangan dari bahan kain perca pada peserta didik usia 3-4
tahun di PAUD Al Masyhur Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten
Jepara; kinerja Guru pada siklus 1 sebesar 58% dan 66% sementara target
keberhasilan adalah 80%; pada siklus 2 ini kinerja Guru juga menunjukkan
pencapaian yang signifikan yakni 79% dan 87%, jika dibandingkan dengan
indikator keberhasilan sebesar 80% maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Guru
berhasil meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui media kantong
bilangan dari bahan kain perca.
Kata kunci : Pemahaman, Konsep Bilangan, Kantong Bilangan, Kain Perca.
048/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain