Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ARROHMAN TELUK WETAN WELAHAN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Sri Giyanti. 2620130085. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF
MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE
DEMONSTRASI MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA 3-
4 TAHUN DI KB ARROHMAN TELUK WETAN WELAHAN JEPARA.
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 71 Halaman.
Pengembangan kemampuan anak usia dini menggunakan media papan Flanel
sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan
mengacu pada prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, sehingga
anak merasa senang dan antusias. Dengan ditunjang oleh ketersediaan media
dalam jumlah yang cukup untuk anak bereksplorasi dan karakteristik anak yang
suka mencoba-coba akan menumbuhkan kreatifitasnya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah 1) bagaimana proses meningkatkan kemampuan kognitif anak
dalam mengenal lambang bilangan menggunakan papan flannel; 2) bagaimanakah
hasil peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4
tahun di KB Arrohman Teluk Wetan Welahan Jepara. Tujuan dari penelitian ini
adalah 1) untuk memaparkan dan mendekripsikan proses peningkatan kemampuan
kognitif anak dalam mengenal angka menggunakan papan flannel; 2) Untuk
memaparkan dan mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan kognitif anak
dalam mengenal angka menggunakan papan flannel. Metode penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dari observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini data yang telah
terkumpulkan dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media papan flannel dilakukan dalam tahap-tahap diantaranya 1)
Mengelompokkan gambar benda; 2) Membilang gambar-gambar benda; 3)
menghitung jumlah benda. Dengan berbagai variasi kegiatan dan penyediaan media
bahan dengan jumlah yang cukup terbukti dapat menarik minat anak untuk
melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan mengenal angka dan
merangsang anak untuk selalu berimajinasi. Adapun saran dari hasil penelitian
kepada pendidik anak usia dini yaitu seorang guru dalam merancang pembelajaran
hendaknya kreatif dan inovatif sehingga anak akan termotivasi dalam belajar.
Kata kunci: Kognitif, mengenal angka, papan flanel
050/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain