Text
Skripsi : IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA PADA PESERTA DIDIK PAUD NUSA INDAH BENDANPETE KEC. NALUMSARI KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Nana Mustiana Indah Sari, 2620130051, “Implementasi Metode Demonstrasi
melalui Media Audio Visual dalam Peningkatan Kemampuan Pra Membaca pada
Peserta Didik PAUD Nusa Indah Bendanpete Kec. Nalumsari Kabupaten Jepara”,
Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 70 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah sebagian Anak di PAUD Nusa Indah
Bendanpete termasuk dalam kategori belum mampu menguasai pra membaca,
sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai kolaborator melakukan
tindakan kelas melalui implementasi metode demonstrasi dengan media
pemutaran audio visual untuk meningkatkan kemampuan pra membaca anak..
Tujuan penelitian: 1) mengetahui kemampuan pra membaca pada peserta
didik PAUD Nusa Indah Bendanpete; 2) mendeskripsikan implementasi metode
demonstrasi melalui media pemutaran audio visual dalam meningkatkan
kemampuan pra membaca pada peserta didik di PAUD Nusa Indah Bendanpete
Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari 2 (dua) siklus, setiap siklus
meliputi 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD
Nusa Indah Bendanpete yang berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis
data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Peningkatan kemampuan pra membaca pada peserta didik
PAUD Nusa Indah Bendanpete pada awalnya (pra siklus) diperoleh skor terbesar
12 atau 80,00% dengan kriteria belum berkembang, setelah dilakukan tindakan
melalui dua siklus, maka diperoleh skor terbesar 12,75 atau 85% dengan kriteria
berkembang sangat baik. Penerapan metode demonstrasi melalui media audio
visual efektif dapat meningkatkan kemampuan pra membaca pada peserta didik
usia 3-4 tahun di PAUD Nusa Indah Bendanpete, dibuktikan dengan skor akhir
pada siklus kedua yanjg diperoleh skor rata-rata terbesar 12,75 atau 85% dengan
kriteria berkembang sangat baik, karena 85% > 75% dari indikator keberhasilan,
maka hipotesis tindakan: “Melalui implementasi metode demonstrasi dengan
media audio visual efektif dapat meningkatkan kemampuan pra membaca pada
peserta didik PAUD Nusa Indah Bendanpete Kecamatan Nalumsari Kabupaten
Jepara tahun ajaran 2021/2022” dinyatakan diterima.
Kata kunci: pra membaca, audio visual.
051/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain