Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA PESERTA DIDIK TK TARBIYATUL ATHFAL MAMBAK KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Diyan Ari Mesayu , 2620130017, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan
dengan Metode Demonstrasi melalui Media Kartu Huruf pada Peserta Didik TK
Tarbiyatul Athfal Mambak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 64 halaman.
Latar belakang penelitian: sebagian besar anak di TK Tarbiyatul Athfal
Mambak masih ada yang memiliki masalah dalam mengenal aksara, sehingga
peneliti bekerjasama dengan teman sejawat sebagai kolaborator melakukan tindakan
kelas melalui metode demonstrasi dengan media kartu huruf untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak.
Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi
melalui media kartu huruf oleh guru dalam proses pembelajaran di TK Tarbiyatul
Athfal Desa Mambak; 2) membuktikan keefektifan penerapan metode demonstrasi
melalui media kartu huruf oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada anak kelompok usia 4-5 tahun di TK Tarbiyatul Athfal Desa
Mambak Kecamatan Pakis AJi Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di TK Tarbiyatul Athfal
Mambak yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis data digunakan analisis
deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok
usia 4-5 tahun di TK Tarbiyatul Athfal Mambak pada awalnya atau pra siklus
diperoleh skor 72,12% dengan kriteria belum berkembang, setelah dilakukan
tindakan sampai siklus II diperoleh skor rata-rata terbesar 94,44% dengan kriteria
berkembang sangat baik pada pasca siklus. Penerapan metode demonstrasi melalui
medias kartu huruf yang dilakukan tindakan hingga pada siklus II memberikan hasil
dengan skor rata-rata 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik,
sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara
individu dan 85% perolehan skor secara keseluruhan, sehinngga dapat dibuat
persamaan: 75% < 90,27% > 85%, maka hipotesis tindakan: “Melalui metode
demonstrasi dengan media kartu huruf efektif dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan pada anak kelompok usia 4-5 tahun di TK Tarbiyatul Athfal
Mambak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara” dinyatakan terbukti.
Kata kunci: membaca permulaan, kartu huruf.
071/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain