Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN SOPAN SANTUN DALAM BERKOMUNIKASI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PROFESI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT MTA JOGONALAN KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
ATIK LISTYARINI, NPM 2620130232. “Peningkatan Kemampuan Sopan
Santun dalam Berkomunikasi Melalui Kegiatan Bermain Peran Profesi pada
Anak usia 5-6 tahun di TKIT MTA Jogonalan Klaten Tahun Ajaran
2021/2022”. Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas IVET. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan
Sopan Santun dalam Berkomunikasi Melalui Kegiatan Bermain Peran Profesi pada
Anak usia 5-6 tahun di TKIT MTA Jogonalan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus berawal dari perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelompok B TKIT
MTA Jogonalan, dengan jumlah siswa 4 putra dan 4 putri. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar belakang dari
penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sopan santun anak dalam keseharian
misalnya mengucapkan terimakasih dan mengucapkan maaf bila berbuat salah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sopan santun anak dengan
kegiatan bermain peran.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan
sopan santun anak dalam berkomunikasi sebesar 87,5 % selama Tindakan mulai
dari pra siklus hingga siklus II pertemuan kedua. Meskipun masih ditemukan
beberapa anak yang tingkat perkembangan dalam sopan santun berkomunikasi
masih rendah karena beberapa factor kemungkinan.
Kata Kunci : Kemampuan sopan santun dan bermain peran
090/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain