Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KEPUTRAN KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Naematul Munawaroh, NPM : 2620130237. “Peningkatan Kemampuan
Berhitung 1-20 Melalui Media Loose Parts pada Anka Kelompok B TK Pertiwi
Keputran Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2021/2022”.
Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung
menggunakan media loose parts pada anak kelompok B di TK Pertiwi Keputran
Kemalang Klaten Tahun Ajaran 2021/2022. Salah satu bagian dari kemampuan
matematika yang perlu dikembangakan di TK adalah berhitung. Tujuannya untuk
menumbuhkembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Timdakan Kelas atau PTK. Penelitian
ini menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklusdilakukan dua kali pertemuan yang
setiap pertemuannya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 16 peserta didik kelompok B TK Pertiwi
Keputran Kemalang Klaten yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitisn ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan
lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui
deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penelitian ini disimpulkan dari hasil observasi bahwa pada pra
siklus sampai siklus I kemampuan berhitung mengalami peningkatan sebesar
19,23%, dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 25,83%.
Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar anak untuk
peningkatan kemampuan berhitung melalui media loose parts dapat meningkat.
Kata kunci : kemampuan berhitung, media loose parts
099/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain