Text
Skripsi : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA - CD Skripsi
ABSTRAK
Maulana Dhimal Masriqi (2022). “Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada
Materi Mitigasi Bencana”. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Sains dan
Teknologi. Universitas Ivet. 73 halaman.
Proses pembelajaran IPA diharapkan dapat melatih kemampuan berpikir
kritis peserta didik melalui kegiatan pembelajaran dan menuntut peserta didik
untuk dapat mengaplikasikan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
Namun pelajaran IPA di kalangan peserta didik masih dianggap sebagai produk,
yaitu berupa kumpulan konsep yang harus dihafal sehingga berdampak pada
rendahnya kemampuan peserta didik pada aspek kognitif.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penggunaan model
pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik pada materi mitigasi bencana, (2) untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran
berbasis masalah pada materi mitigasi bencana dan (3) untuk mengetahui
keefektifan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi mitigasi
bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang
digunakan yaitu siswa kelas VII SMP Al Qur’an dan Dakwah Alam Magelang.
Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga
diperoleh sampel yaitu siswa kelas VII A dan VII B SMP Al Qur’an dan Dakwah
Alam Magelang. Data berpikir kritis diperoleh melalui pre-test dan posttest.
Analisis data yang digunakan analisis prasyarat dan uji hipotesis melalui uji T.
Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis
peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada
materi mitigasi bencana lebih baik daripada siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional (2) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi
mitigasi bencana. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai
Thitung>Ttabel (sig
006/IPA/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain