Text
Skripsi : ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 MUARA BADAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Maksudi (2022) Analisis Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA
Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Muara Badak. Skripsi. Pendidikan
IPA. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 71 halaman
Pembelajaran di masa pandemic mewajibkan semua sekolah melakukan
pembelajaran secara daring atau online. Termasuk salah satu sekolah yang ada di
Kalimantan Tengah yaitu SMP Negeri 1 Muara Badak. Pada masa pandemi
sekarang ini dimana anak belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri terutama
dalam mengajarkan materi-materi IPA yang memerlukan penjelasan yang lebih
detail untuk mentransfer pengetahuan-pengetahuan yang sifatnya abstrak, atau
tidak dapat dilihat secara langsung. Keterbatasan tatap muka menjadai kegiatan
belajar IPA terutama yang berkaitan dengan parktikum menjadi terkendala. Untuk
itu perlu adanya kegiatan praktikum atau kegiatan lain yang mampu
mengembangkan kemampuan berpikir anak terutama dengan sumber belajar yang
ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. Pembelajaran IPA selama
masa Pandemi di SMP Negeri 1 Muara Badak dilakukan secara online sehingga
perlu dijabarkan secara keseluruhan bagaimana pembelajaran IPA dapat dilakukan
secara mandiri di rumah dengan menggunakan sumber belajar yang ada di
sekitarnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui model-model pembelajaran
yang dilakukan guru dalam menghadapi keterbatasan pembelajaran tatap muka di
SMP Negeri 1 Muara Badak; (2) mengetahui sumber belajar yang sudah
dilaksanakan guru selama masa pandemic Covid-19 dalam membelajarkan IPA di
SMP Negeri 1 Muara Badak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sampel menggunakan
purposive sampling (sampel bertujuan) dengan tujuan tertentu. Sampel penelitian
ini ada 2 orang guru yang mengajarkan IPA dan 30 siswa kelas VII yang belajar
materi IPA. Data diperoleh dari hasil wawancara kemudian dianalisis dengan teknik
triangulasi untuk dihasilkan simpulan.
Hasil penelitian model pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1
Muara Badak adalah dengan memanfaat lingkungan dengan belajar mandiri atau
lebih ke pembelajaran proyek mandiri peserta didik. Pembelajaran dibantu dengan
google classroom dan google formulir sebagai tempat rekam jejak pembelajaran
bagi peserta didik yang mengalamai keterbatasan dalam pembelajaran daring.
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada masa pandemic covid-19
dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Muara Badak memberikan dampak
positif dalam kemampuan peserta didik menganalisis dan mengeksplorasi
lingkungannya untuk menemukan konsep yang tepat dan sesuai secara mandiri di
lingkungan tempat tinggal.
Kata kunci : lingkungan, sumber belajar, SMP Negeri 1 Muara Badak.
007/IPA/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain