Text
Skripsi : PEMBELAJARAN DAKWAH BERBASIS TOLERANSI DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK - CD Skripsi
ABSTRAK
Fahri Timur. NPM A1118110014 (2022). “Pembelajaran Dakwah Berbasis
Toleransi Di Pondok Pesantren Al-Mubarok”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet 56
halaman.
Kata Kunci: Dakwah dan Toleransi
Dakwah dan toleransi adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan karena
batasan toleransi dalam agama adalah batasan yang tidak sampai meninggalkan
dakwah, sedangkan dakwah yang ditetapkan dalam syariat islam adalah dakwah
yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang tidak luput didalamnya
terdapat toleransi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran dakwah berbasis toleransi yang dilakukan di pondok pesantren AlMubarok, (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat terhadap pembelajaran dakwah berbasis toleransi yang dilakukan di
pondok pesantren Al-Mubarok, (3) Untuk mendeskripsikan upaya-upaya untuk
mengatasi hambatan dan mengembangkan pembelajaran dakwah berbasis
toleransi di pondok pesantren Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data
primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi menggunakan metode trianggulasi untuk memeriksa
keabsahan data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran dakwah berbasis
toleransi di pondok Pesantren Al-Mubarok. Yaitu pondok pesantren yang bukan
hanya memiliki pembelajaran agama, tapi juga menerapkan pembelajaran dakwah
berbasis toleransi dalam kehidupan sehari-hari. (2) Faktor-faktor pendukung dan
penghambat pembelajaran dakwah berbasis toleransi di pondok pesantren AlMubarok. Diantara faktor pendukung yaitu: a. penanaman sikap tanggung jawab,
b. Mempunyai akhlak yang terpuji, c. Lingkungan. Dan faktor penghambat
diantaranya: a. kurangnya kesadaran diri akan tanggung jawab, b. kurangnya
kerjasama, c. kurangnya kesabaran, d. kurangnya sifat menghargai perbedaan. (3)
Upaya-upaya dalam mengatasi hambatan dan mengembangkan pembelajaran
dakwah berbasis toleransi di pondok pesantren Al-Mubarok antara lain yaitu: a.
Kurikulum pembelajaran, b. Belajar dakwah diwaktu libur, c. Silaturrahim
ketetangga sekitar pondok, d. Mengundang tokoh agama dan masyarakat, e.
Gotong royong bersama masyarakat.
024/PPKN/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain