Text
Skripsi : PENINGKATAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B USIA 5 – 6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KLUWUT KECAMATANBULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021-2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Tarsono, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Peningkatan NilaiNilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek Pada Anak
Kelompok B Usia 5 - 6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kluwut Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021-2022. 66 halaman.
Kurikulum 2013 PAUD menuntut guru dan pendidik untuk mampu
mengintegrasikan penanaman dan penumbuhkembangan karakter dalam beragam
kegiatan sesuai dengan tema dan sub tema yang mereka tetapkan.Namun,sumber
daya manusia yang dimiliki PAUD yang sebagian besar diselenggarakan oleh
lembaga dimasyarakat,sangat beragam dengan dominasi guru/pendidik
berkompetensi rendah.Keterbatasan sumber belajar baik untuk guru dan
pendidik,orang tua dan anak juga merupakan factor yang menyumbang pendidikan
karakter yang kurang optimal.Selain itu,kemauan orang tua yang tidak sejalan
dengan prinsip-prinsip pembelajaran untuk anak usia dini sering kali dituruti oleh
guru atau pendidik karena ketidakmampuan mereka untuk merespon secara tepat.
Tujuan untuk menemukan deskripsi dan analis yang jelas tentang
“Peningkatan nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan mulai dari
perencanaan serta pelaksanaan pendidikan karakter di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes sampai evaluasi kegiatan
pembelajaran pendidikan karakter dengan penerapan metode proyek.
Subyek penelitian adalah siswa kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kluwut yang beralamatkan di Jalan Syahbandar No.16 Desa Kluwut Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes ,mulai pembelajaran pukul 07.30 WIB dan berakhir
pukul 10.00 WIB dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3
Siklus, yaitu Siklus I, II dan Siklus III, dengan masing – masing tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yang dipakai adalah menggunakan teknik triangulasi data dengan menggabungkan3 teknik yaitu observasi,wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data yang
digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan
Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini
bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan
metode proyek dapat meningkatkan pendidikan karakter pada anak kelompok B
usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kluwut Kecamatan Bulakamba
Kabupaten Brebes. Hal ini dapat dari siklus 1 sebanyak 20% anak yang memperoleh
nilai baik, setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 anak yang memperoleh hasil
belajar 60% dan setelah dilakukan perbaikan siklus 3 lebih meningkat menjadi
80%. Berarti dari siklus 1 sampai perbaikan siklus 3 terjadi peningkatan rata – rata
20%.
Kata kunci : Metode Penerapan Proyek,Nilai-Nilai karakter
057/PAUD/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain