Text
Skripsi : PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP SELF MANAGEMENT SISWA KELAS XI DI SMK ASSA’IDIYYAH KUDUS - CD Skripsi
ABSTRAK
SANJA EFI FARIANI, NPM B2217110003(2021) “Pengaruh Layanan Konseling
Kelompok Terhadap Self Management Siswa Kelas XI di SMK Assa’idiyyah
Kudus”, Kudus, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas IVET Semarang, 2021, 53 halaman.
Self-management adalah suatu proses dimana peserta didik mengarahkan
perubahan tingkah laku pada diri sendiri. Peserta didik aktif menggerakkan
variabel internal, eksternal, untuk melakukan perubahan yang diinginkan.
Gagasan pokok dari penelitian self management adalah bahwa perubahan dapat
dihadirkan dengan mengajar orang dalam menggunakan keterampilan menangani
situasi bermasalah. Dalam program self management ini peserta didik mengambil
keputusan tentang hal-hal yang berhubungan dengan perilaku khusus yang ingin
dikendalikan atau diubah. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok terhadap self management
siswa kelas XI di SMK Assa’idiyyah Kudus
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Eksperimen. Design yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group
Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel
bertujuan, populasi berjumlah 35 siswa dan sampel yang di ambil adalah 8 siswa
kelas XI RPL, dan 8 siswa kelas XI RPL. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan skala likert. Alat yang digunakan adalah skala prilaku
self management yang telah diujikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima sedangkan H0
ditolak. Ini terbukti dengan hasil analisis data menggunakan uji paired sample t
test pretest di peroleh 89,75 dan postest 72,50. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa layanan Konseling kelompok lebih efektif dalam meningkatkan self
management siswa kelas XI RPL SMK Assaidiyyah Kudus. Dengan demikian
penelitian ini menyarankan agar layanan konseling kelompok dapat digunakan
untuk membantu meningkatkan self management belajar siswa.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management
003/BK/PUS/II/2021 | 378.2 San p | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain