Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN MENARI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AS-SYIFA KEMASAN KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Ninik Norwiningsih (2022). Peningkatan Motorik kasar Melalui Kegiatan Menari
Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di KB AS-SYIFA Kemasan Kecamatan Polokarto
Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Prodi PG-PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan motorik kasar melalui kegiatan
menari pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB AS-SYIFA Kemasan Kecamatan
Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain
penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Anak usia 3-4 tahun
dengan jumlah seluruh 8 Anak, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan per siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan.
Kriteria keberhasilan tindakan penelitian adalah:(1) Perbandingan sebelum tindakan dan
sesudah tindakan mengalami peningkatan pada aspek Motorik kasar. (2) Skor minimal
yang dicapai adalah 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motorik kasar Anak dapat ditingkatkan
setelah diberi tindakan melalui kegiatan menari. Peningkatan Motorik kasar dalam
kegiatan menari dapat dilihat pada saat tindakan, pada siklus I diperoleh hasil sebesar
62,5% ada peningkatan sebesar 40% dari sebelum dilakukan tindakan. Pada siklus II ada
peningkatan sebesar 20,83% menjadi 83,33%, sehingga aspek menari dan motorik kasar
telah berkembang maksimal karena sudah melebihi batas minimal yaitu 75%. Implikasi
dari penelitian ini adalah guru seharusnya menerapkan kegiatan menari untuk
Peningkatan motorik kasar anak agar perkembangan anak menjadi optimal.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Peningkatan Motorik Kasar, Kegiatan Menari.
061/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain