Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB MAWAR DESA BUGEL KEC. POLOKARTO KAB. SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Tri Sayekti. 2620230417. Peningkatan Pemahaman Konsep Membilang Dengan Metode
Bilingual Melalui Media Tabung Angka Pada Anak Usia 3-4 Tahun KB Mawar Desa
Bugel Kec. Polokarto Kab. Sukoharjo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 62 halaman.
Sesuai dengan permasalahan penelitian, secara operasional penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Untuk mengetahui dan membuktikan keefektian penerapan bilingual melalui
media tabung angka oleh guru dalam peningkatan kemampuan membilang pada anak
usia 3-4 tahun di KB Mawar Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. 2)
Untuk mengetahui dan menggambarkan kemampuan membilang pada anak usia 3-4 tahun
di KB Mawar Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tindakan kelas (PTK). Prosedur yang
digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model siklus. Pada intinya siklus
pertama adalah untuk mengetahui hasil proses pembelajaran sebelum dilakukan tindakan,
sedangkan siklus kedua dimaksudkan untuk menyempurkan hasil siklus pertama bila ada
hasil yang kurang sempurna. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: 1)
planning (perencanaan), 2) actuating (pelaksanaan), 3) observation (pengamatan), 4)
reflecting (refleksi). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) Penerapan bilingual melalui media tabung angka
oleh guru dalam peningkatan kemampuan membilang terbukti efektif pada anak usia 3-4
tahun di KB Mawar Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo, hal ini
didasarkan pada data bahwa kemampuan membilang anak di KB Mawar Desa Bugel
Kecamatan Polokarto meningkat dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. 2) Kemampuan
membilang pada anak usia 3-4 tahun di KB Mawar Desa Bugel Kecamatan Polokarto
Kabupaten Sukoharjo meningkat dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Sebagaimana
data bahwa dari 15 anakyang diteliti kemampuan membilang anak pada Pra Siklus ialah
yang mencapai kriteria BB sebanyak 9 anak, kriteria MB sebanyak 6 anak, kriteria BSH
sebanyak 0 anak, dan kriteria BSB sebanyak 0 anak. Pada Siklus I pertemuan Ke-1
kemampuan membilang anak yang mencapai kriteria BB sebanyak 1 anak, kriteria MB
sebanyak 14 anak, kriteria BSH sebanyak 0 anak, dan kriteria BSB sebanyak 0 anak. Pada
Siklus I pertemuan Ke-2 kemampuan membilang anak yang mencapai kriteria BB
sebanyak 0 anak, kriteria MB sebanyak 4 anak, kriteria BSH sebanyak 9 anak, dan kriteria
BSB sebanyak 2 anak. Pada Siklus II pertemuan Ke-1 kemampuan membilang anak yang
mencapai kriteria BB sebanyak 0 anak, kriteria MB sebanyak 0 anak, kriteria BSH
sebanyak 9 anak, dan kriteria BSB sebanyak 4 anak. Pada Siklus II pertemuan Ke-2
kemampuan membilang anak yang mencapai kriteria BB sebanyak 0 anak, kriteria MB
sebanyak 0 anak, kriteria BSH sebanyak 1 anak, dan kriteria BSB sebanyak 14 anak.
Kata Kunci: Pemahaman, Konsep Bilangan, Bilingual, Tabung Angka.
062/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain