Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA 1 – 5 MELALUI MEDIA BATU KALI (BATU KERIKIL) PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB INSAN CERIA DESA TANJUNG KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
SRI MURNI. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka 1
– 5 Melalui Media Batu Kali (Batu Kerikil) Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun di KB
INSAN CERIA Desa Tanjung Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun
2021/2022.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan pemahaman anak usia
dini dalam mengenal angka. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif
yang mengambil lokasi di KB INSAN CERIA Desa Tanjung Kecamatan Nguter,
Kabupaten Sukoharjo. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan
dokumen. Informan yang dimaksud adalah kepala sekolah, teman sejawat, dan
anak didik. Peristiwa yang dimaksud adalah pemahaman anak dalam mengenal
angka. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen yang berkaitan dengan datadata yang penulis gunakan. Adapun tehnik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan analisis dokumen.
Temuan di lapangan adalah kurangnya keaktifan dan pemahaman anak
dalam mengenal angka. Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan kegiatan
pembelajaran melalui metode pengenalan angka. Perolehan hasil anak mengalami
peningkatan.
Berdasarkan temuan di lapangan hendaknya guru menerapkan metode
pengenalan angka dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan
pemahaman anak dalam mengenal konsep angka dan angka permainan
matematika.
Kata kunci : Mengenal Konsep Angka, Media Batu Kali (Batu Kerikil)
064/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain