Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA AMPAS KELAPA PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 TAHUN) DI TK AISYIYAH SERUT KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
NUR HASANAH, NPM : 2620230400. “Peningkatan Kemampuan Motorik
Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Ampas Kelapa Pada Anak
Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK Aisyiyah Serut Nguter Sukoharjo Tahun
Ajaran 2021/2022”. Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet Semarang. Tahun 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan motorik halus peserta didik usia 5-6 tahun melalui kegiatan
kolase dengan media ampas kelapa di TK Aisyiyah Serut Kecamatan Nguter
Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK.
Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan dua kali
pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 8
peserta didik usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Serut Nguter Sukoharjo yang
terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar
observasi dan lembar wawancara.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil observasi
bahwa kegiatan kolase dengan media ampas kelapa dalam pra siklus adalah
sebesar 0%, dan pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 37,5% itu artinya dari
kegiatan pra siklus ke I mengalami peningkatan sebesar 37,5%. Dilanjut pada
siklus II memperoleh hasil rata-rata 81,25% itu berarti dari tindakan siklus I ke
siklus II hasil anak mengalami peningkatan sebesar 43,75%.
Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar anak
untuk peningkatan kemampuan motorik halus pada kegiatan kolase dengan
media ampas kelapa dapat meningkat.
Kata kunci : motorik halus, kolase, ampas kelapa.
066/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain