Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KB MTA NGUTER TAHUN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Sumini NPM:2620230412 Peningkatan Kognitif Melalui Kegiatan
Mengelompokkan Benda Berdasarkan Bentuk Geometri Pada Anak 5-6 Tahun
Di KB MTA NGUTER Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun
Ajaran 2021/2022
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Kognitif
melalui kegiatan bermain konstruktif menggunakan media balok pada anak usia 5-
6 Tahun KB MTA NGUTER Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini
berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan terdiri dari
dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun KB MTA Nguter Sukoharjo yang
berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, dan pemberian tugas. Teknik validitas data yang digunakan adalah
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu model analisis interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah dengan bermain konstruktif
menggunakan media balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-
6 tahun di KB MTA NGUTER Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo tahun
ajaran 2021/2022.Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan kognitif
anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan prasiklus sebesar 0% , siklus I sebesar
35% , dan pada siklus II sebesar 80%.
Proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan media balok
yaitu guru menunjukkan balok kepada anak untuk mengkonstruksi sesuai dengan
tema, guru mengajak anak-anak untuk bercakap – cakap dengan memberikan
rangsangan melalui beberapa pertanyaan mengenai balok, guru juga
memperkenalkan warna, tidak lupa guru memberikan dorongan dan motivasi
berupa ungkapan penyemangat atau pujian.
Kata kunci : Kognitif, Kegiatan Mengelompokkan bentuk geometri, Balok
068/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain