Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MEDIA PUZZLE GAMBAR DAN HURUF DI TKIT MUTIARA INSAN KECAMATAN GAYAM KABUPATEN SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Triana Sari .2022.” Meningkatkan Kemampuan Pra Membaca Dengan
Media Puzzel Gambar dan Huruf Pada Usia 4-5 Tahun Di TKIT Mutiara
Insan Kecamatan Gayam Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022”,
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
dengan Media Puzzel pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Mutiara Insan Kecamatan
Gayam,Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini terdiri atas empat tahap
yaitu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran, membuat rancangan
penelitian, melaksanakan penelitian dan membuat laporan penelitian. Subyek
penelitian ini adalah anak usia 4 – 5 tahun di TKIT Mutiara Insan Kecamatan
Gayam,Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah anak
didik sebanyak 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan
dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan/observasi harian,
catatan anekdot dan catatan hasil karya. Analisis data dilakukan dengan teknik
analisis komparatif yaitu membandingkan pencapaian terget per siklus
Hasil dari kegiatan pembelajaran melalui bermain Puzzel untuk meningkatkan
kemampuan membaca anak pada usia 4-5 tahun di TKIT Mutiara Insan
Kecamatan Gayam, Kabupaten Sukoharjo dapat meningkatkan kemampuan
membaca. Dengan menggunakan rencana harian 2 siklus terjadi peningkatan
prosentase pada siklus I sebanyak 20 % menjadi 80 % pada siklus II yang sudah
berkembang sesuai indikator.
Kata Kunci : Kemampuan Bahasa,Pra Membaca,Puzzel
070/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain