Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DASAR DENGAN MEDIA PERMEN PINTAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KBIT CAHAYA AMANAH KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Sulistyaningsih, NPM 2620230411, 2022, Peningkatan Kemampuan Mengenal
Warna Dasar Dengan Media Permen Pintar Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di
KBIT Cahaya Amanah Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun
Pelajaran 2021/2022”, Skripsi PG PAUD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas IVET Semarang.
Pada kelompok usia 3-4 tahun di KBIT Cahaya Amanah Sukoharjo
kemampuan mengenal wana dasar anak banyak yang belum berkembang sesuai
harapan. Hal ini disebabkan karena Penggunaan metode media pembelajaran
yang disajikan pendidik kurang menarik anak, sehingga anak kurang berekspresi
dan bereksplorasi dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan
mengenal warna dasar anak usia 3-4 tahun di KBIT Cahaya Amanah Kabupaten
Sukoharjo dengan media permen pintar.
Metode penitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan
Kelas. Dengan menggunakan 2 siklus terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan,observasi dan refleksi, subyek penelitian adalah 10 anak kelas bulan
di KBIT Cahaya Amanah kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dengan media permen pintar, keseluruhan
terbukti efektif dalam dalam kemampuan mengenal warna dasar. Ini dapat dilihat
dari tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan secara
signifikan, ini dibuktikan dengan hasil pencapaian anak pada siklus I terjadi
peningkatan 20% dari pra siklus dan untuk siklus ke II terjadi peningkatan 70% d
hal ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran siklus II telah berhasil.
Selanjutnya melalui media permen pintar anak lebih aktif dan memberikan
pengetahuan pengalaman baru dalam pembelajaran.
Kata Kunci; mengenal warna dasar
071/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain