Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KBIT CAHAYA AMANAH KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Hidayati, NPM. 2620230391. Judul Skripsi “Peningkatan Kemampuan Kognitif
Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di
KBIT Cahaya Amanah Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Semarang.
PG-PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang
Kurangnya peningkatan kognitif anak dalam hal mengenal warna serta pola
mengajar yang terlalu monoton oleh guru menyebabkan anak menjadi cepat bosan
dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya peningkatan kognitif anak dalam hal mengenal warna di KBIT Cahaya
Amanah Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui
kegiatan eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam hal
mengenal warna di KBIT Cahaya Amanah Kecamatan Bendosari Kabupaten
Sukoharjo dan juga untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran
dengan metode ini dapat meningkatkan minat pada siswa KBIT Cahaya Amanah
Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.
Subjek penelitian adalah keseluruhan anak di KBIT Cahaya Amanah
Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5
anak perempuan yang memiliki kecenderungan dalam hal mengenal warna masih
rendah, untuk kemudian diberi metode ekperimen dalam rangka meningkatkan
kemampuan mengenal warna.
Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I
menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak termasuk cukup baik namun
belum memenuhi indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak
yang termasuk kategori berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak atau 30%,
mulai berkembang sebanyak 5 anak atau 50%, dan yang belum berkembang
sebanyak 2 anak atau 20%. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator pada
observasi kinerja guru sebesar 72% dan keaktifan siswa 58% pada siklus I. pada
siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 8 anak atau
80% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 4 anak atau 40% dan
berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 40%, dan kategori mulai
berkembang ada 2 anak atau 20%. Pada siklus II menunjukkan bahwa
kemampuan kreativitas anak sudah meningkat dengan berkembang sangat baik
atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena
itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian
ini dikatakan berhasil. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator pada observasi
kinerja guru mengalami kenaikan sebesar 87% dan keaktifan siswa pada siklus
90%.
Kata Kunci : Kognitif, Eksperimen, warna.
073/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain