Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN GERBONG ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AL QUDSI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Susi Ambarwati .2022. “ Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal
Lambang Bilangan Melalui Bermain Gerbong Angka Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di
Kelompok Bermain Al qudsi Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo”, Disusun
Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana, PG PAUD, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang, 90 Halaman.
Penelitian ini di latar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan sangat
rendahnya perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 Tahun dalam mengenal lambang
bilangan di Kelompok Bermain Al Qudsi Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Sehingga
memerlukan adanya penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam
mengenal lambang bilangan, yaitu dengan media gerbong angka melalui bermain.
Tujuan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui
Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam mengenal lambang bilangan melaui Bermain
Gerbong Angka Pada Anak Usia 3-4 Tahun Kelompok Bermain Al Qudsi Kecamatan
Sukoharjo Kabuputen Sukoharjo.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) secara kolaborasi. Subyek
penelitian adalah anak kelompok Usia 3-4 Tahun Kelompok Bermain Al Qudsi
Kecamatan/Kabuputen Sukoharjo yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari laki-laki 4 anak
dan perempuan 6 anak. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Al Qudsi Jl.
Veteran Barat, Sidomakmur RT 04 RW 01 Sidomakmur kelurahan Combongan
Kecamatan/Kabuputen Sukoharjo.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua
siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan
selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Mei sampai dengan Juli 2022.
Hasil observasi dari kegiatan bermain dengan gerbong angka dalam pra siklus
sebesar 20%, dan pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 35% itu artinya dari kegiatan pra
siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 15%. Dilanjut pada siklus II memperoleh
hasil rata-rata 85%. Dari tindakan siklus I ke siklus II hasil anak mengalami peningkatan
sebesar 50%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak untuk peningkatan
kemampuan kognitif dengan bermain gerbong angka bisa meningkat.
Kata Kunci : Kognitif, Lambang Bilangan, Gerbong Angka
074/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain