Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DENGAN METODE MEKAR (METODE EFEKTIF KREATIF AMAN DAN RASIONAL) DENGAN MEDIA BATU ALAM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ANANDA KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Sri Rahayu, (2022) NPM. 2620230407 Judul Skripsi “Peningkatan
Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode MEKAR ( Metode efektif
Kreatif Aman dan Rasional) Dengan Media Batu Alam Pada Anak Usia 3-4
Tahun di KB ANANDA Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. PG-PAUD.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang
Kurangnya peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak dalam
pembelajaran serta pola mengajar yang terlalu monoton oleh guru menyebabkan
anak menjadi cepat bosan dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan mengenal warna pada anak di KB
ANANDA Desa Kepuh Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui
kegiatan melukis batu alam dengan pewarna yang aman dapat meningkatkan
kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di KB ANANDA Desa
Kepuh Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo dan juga untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode MEKAR ini dapat
meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di KB
ANANDA Desa Kepuh Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.
Subjek penelitian adalah keseluruhan anak Kelompok A di KB ANANDA
Desa Kepuh Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo terdiri dari 8 anak laki-laki
dan 7 anak perempuan yang memiliki kecenderungan kemampuan mengenal
warna yang masih rendah, untuk kemudian diberi metode efektif kreatif aman dan
Rasional melalui kegiatan melukis batu alam dalam rangka meningkatkan
kemampuan mengenal warna.
Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I
menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna anak termasuk cukup baik
namun belum memenuhi indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak
anak yang mencapai target perkembangan, yang terdiri dari kategori berkembang
sangat baik sebanyak 1 anak atau 10%, berkembang sesuai harapan sebanyak 9
anak atau 57%, mulai berkembang sebanyak 2 anak atau 13%, dan yang belum
berkembang sebanyak 3 anak atau 20%. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator
pada observasi kinerja guru sebesar 70% dan keaktifan siswa 58% pada siklus I.
pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 15
anak atau 89% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 2 anak atau
13% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 12 anak atau 77%, dan kategori
mulai berkembang ada 1 anak atau 10%. Pada siklus II menunjukkan bahwa
kemampuan mengenal warna pada anak sudah meningkat dengan berkembang
sangat baik atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%,
oleh karena itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata
lain penelitian ini dikatakan berhasil. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator
pada observasi kinerja guru mengalami kenaikan sebesar 96% dan keaktifan siswa
pada siklus 90%.
Kata Kunci : Metode Efektif Kreatif Aman Dan Rasional,Mengenal warna
085/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain