Text
Skripsi : PENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB NUR HIDAYAH DESA GUPIT KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Reni Adasti (2022). NPM 2620230403. Peningkatkan Kemampuan Bahasa
Ekspresif Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari Pada Anak
Usia 3-4 Tahun Di KB Nur Hidayah Desa Gupit Kecamatan Nguter Kabupaten
Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Ivet.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa
ekspresif pada anak usia dini kelompok bermain Nur Hidayah Desa Gupit
Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo, terutama untuk meningkatkan
kemampuan menerima bahasa dan mengungkapkan bahasa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan
metode kualitatif. Subyek penelitian adalah anak didik usia 3 – 4 tahun di KB Nur
Hidayah Desa Gupit Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran
2021/2022 yang terdiri dari 10 anak. Tehnik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif persentatif dan deskriptif aktifitas anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa anak terjadi
peningkatan dari kondisi awal sebesar 20% setelah dilakukan tindakan siklus I
menjadi 50% dan pada tahap siklus II kemampuan berbahasa anak mencapai hasil
90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian peningkatan
kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita menggunakan boneka jari
kertas di Kelompok Bermain Nur Hidayah Desa Gupit dinyatakan berhasil.
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak, Metode Bercerita, Boneka Jari
089/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain