Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN) DI BA AISYIYAH PONDOK NGUTER SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
NUR HIDAYATI, NPM : 2620230401 “Peningkatan Kemampuan Motorik
Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok A (Usia 4-5
Tahun) Di BA Aisyiyah Pondok Nguter Sukoharjo, Tahun Pelajaran 2021 /
2022” Program PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ivet Semarang. Tahun Akedemik 2021 / 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatkan Kemampuan
Motorik Halus Peserta didik Melalui Media Finger Painting di Kelompok A BA
Aisyiyah Pondok Nguter Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021 / 2022.
Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini
menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang
setiap pertemuan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan
refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 10 peserta didik kelompok A BA
Aisyiyah Pondok Nguter Sukoharjo yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan
3 pesrta didik perempuan. Tektik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen
penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara.
Berdasakan penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil observasi bahwa
kekegiatn motorik halus dengan melalui media finger painting dalam pra siklus
adalah sebesar 0% dan pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 35%. Itu artinya
dari kegiatan pra siklus ke I mengalami peningkatan sebesar 35%. Dilanjutkan
pada siklus ke II memperoleh hasil rata-rata 80% itu berati dari tindakan siklus I
ke siklus II hasil anak mengalami peningkatan sebesar 45%. Dengan hasil
demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar anak untuk peningkatan
kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan media finger painting
dapat meningkat.
Kata Kunci : Peningkatan Motorik Halus, Metode Finger Painting
091/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain