Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DADU ASIK (BENDA DI SEKITAR UNTUK ALAT SAINTIFIK INOVATIF KREATIF) DI PAUD FATIMAH PURBAYAN BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Ira Utami. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG
PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA DADU ASIK (BENDA DI SEKITAR UNTUK ALAT SAINTIFIK
INOVATIF KREATIF) DI PAUD FATIMAH PURBAYAN BAKI
SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Semarang : Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang, Juli 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui
bermain dengan media DADU ASIK pada anak kelompok B di PAUD Fatimah
Purbayan Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi
yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan kemampuan
mengenal konsep bilangan anak meningkat dari pratindakan sebesar 20%, siklus I
sebesar 40% dan siklus II sebesar 85%. Berdasarkan uraian di atas, hasil
penelitian yang dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan
melalui bermain menggunakan media DADU ASIK dapat meningkatkan
kemampuan kognitif membilang pada anak kelompok B di PAUD Fatimah
Purbayan Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022.
096/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain