Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR (KARAGAM) KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM KANITA TIARA TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Appriliyaningsih (2022) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media
Kartu Angka Bergambar (Karagam) Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Islam
Kanita Tiara Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 55 halaman.
Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada
potensi intelektual manusia. Perkembangan kognitif anak melalui penerapan
Media Pembelajran Kartu Angka Bergambar yang terisi gambar, lambang dan
teks.Pemberian materi oleh guru menggunakan alat peraga atau media
pembelajaran bertujuan agar anak lebih mudah memahami materi yang diberikan,
salah satunya dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, anak dan mengetahui
peningkatan kemampuan kognitif anak di TK Islam Kanita Tiara.
Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas yang diracang
dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari 2 penelitian. Subjek
penelitian adalah anak kelompok Apel 5 usia 5-6 tahun TK Islam kanita Tiara,
Purbayan, Baki, Sukoharjo.
Hasil analisis data pada siklus 1 kemampuan kognitif anak sebesar 18%,
hasil ini belus sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak.
Maka, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Kemampuan kognitif anak pada
siklus II mengalami peningkatan sebesar 83%. Untuk itu berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kartu angka bergambar dapat
meningkatkan kemampuan kognitif pada anak TK Islam Kanita Tiara.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Kartu Angka Bergambar.
097/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain