Text
Skripsi : PENINGKATAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE VARIASI DI KELOMPOK A TK RAUDLOTUL FATAH KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Anitya Nur Indah Permatasari. 2022. Peningkatan Mengenal Bentuk Geometri
Melalui Permainan Puzzle Variasi di Kelompok A TK Roudlotul Fatah Kecamatan
Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. Dosen
pembimbing: Dr. Maria Denok, BA, M.Pd.dan Irna Anjarsari, M.Pd.
Kata Kunci: Mengenal Bentuk Geometri, Permainan Puzzle Variasi
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk
geometri kelompok A TK Roudlotul Fatah Kecamatan Sukoharjo Kabupaten
Sukoharjo. Siswa yang dikatakan tuntas dalam mengenal bentuk geometri hanya
20%. Masalah yang akan diteliti yakni, tentang penggunaan media puzzle bentuk
geometri dan peningkatan mengenal bentuk geometri setelah menggunakan media
puzzle bentuk geometri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle bentuk
geometri dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui
Permainan Puzzle Variasi di Kelompok A TK Roudlotul Fatah Kecamatan Sukoharjo
Kabupaten Sukoharjo.Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas,
dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari empat siklus, pra
siklus, siklus I, siklus II dan siklus III.
Penelitian ini terdapat 4 tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek siswa kelompok A TK
Roudlotul Fatah Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 15
orang. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,1 dengan prosentase
40%, pada siklus II nilai rata-rata siswa 71,6 dan prosentase 60% dan pada siklus III
nilai rata-rata siswa 76,6 dan prosentase 80%, hal itu dapat disimpulkan bahwasanya
penggunaan media puzzle bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri.
098/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain