Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI USIA 3 – 4 TAHUN DI KB NANEYMI DERSALAM BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Devi Indar Wati, 2620230630, Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia
Dini Melalui Metode Bernyanyi di KB Naneymi Dersalam Bae Kudus
Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Anak
Usia Dini. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) berjudul Upaya Meningkatkan Kosa Kata
Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi di KB Naneymi Dersalam Bae Kudus
Tahun Pelajaran 2021/2022
Latar belakang penelitian ini adalah rata-rata kemampuan kosa kata anak
masih tergolong rendah termasuk dalam kategori mulai berkembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode
bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kosa kata anak usia dini di KB
Naneymi Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok usia 3 – 4 tahun di KB
Naneymi Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran
2021/2022, yang berjumlah 06 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 2 anak
perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri
dari 2 kali tindakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi anak. PTK ini
dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat yang bertindak sebagai
kolabolator.
Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode
bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di KB Naneymi
Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini
dapat dilihat dari kenaikan frekuensi dan persentase jumlah anak yang
berkembang kosa katanya dengan keterangan tuntas meningkat. Dari pra siklus
belum mendapatkan keterangan tuntas yang setelah akhir siklus I yang dapat
keterangan tuntas dengan nilai 42%. Dilanjutkan dengan siklus II anak yang
tuntas sebesar 91,7% yang terdiri dari nilai BSH 66,7% dan BSB 25%.
Kata Kunci : Kemampuan Kosa Kata Anak, Metode Bernyanyi
102/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain